Alasan Malas Buat Belajar




Ngomongin tentang pelajaran kadang membuat sebagian orang merasa semangat, kadang membuat sebagian lagi kewalahan. Ya, banyak yang merasa bosan dengan belajar dan hal ini pasti pernah dirasakan oleh semua siswa. Hal ini tak lepas dari metode belajar yang kurang efektif dan lain sebagainya.

Disini, gue akan memberikan alasan kenapa hal ini bisa terjadi : 


  • Motivasi dalam diri belum ada



Ya, ini memang alasan paling logis menurut gue, kenapa ?

Karena tanpa motivasi semua hal yang kita jalani terasa hampa, sama kayak lu lagi di paksa oleh ibu lo beli sabun padahal lu lagi mager di tempat tidur.

Gimana mau beli ? Bangkit aja dari tempat tidur susah. Nah, makanya ini menjadi alasan paling logis bagi gue.

Gue punya pengalaman seperti alasan di atas nih, ceritanya gue lagi jatuh cinta, buset. Tapi, emang gimana lagi cinta monyet yang telah terjadi gak bisa diubah kembali. Ya, kan ?

Jadi, kejadian bermula saat 1 bulan sebelum ujian. Ga nyangka, disaat gue yang harusnya fokus belajar buat ulangan, malah berusaha pacaran. Kejadian ini bermula dari si cewek melaju dengan anggun di depan gue, sebagai pria normal, wajarlah gue nengok sambil dalam hati bilang “Gila, cantik bener ya”

Singkatnya, gue kenalan dengan dia, udah dekat banget tapi sayang hati tak bisa di paksakan, dia menjauh. Motivasi gue buat belajar buyar. Ulangan hancur berantakan.


  • Terlalu banyak materi yang belum dipahami

Sebagai siswa, gue pasti punya pelajaran yang gak dipahami.

Disaat itu, gue memang lagi kelelahan, karena begadang nonton klub kesayangan tanding semalam. Alhasil, paginya gue ngantuk, mandi aja gak beres, gimana mau belajar ?

Padahal, materi ini adalah materi buat UN. Tapi, karena ngantuk yang membara, gue pun memutuskan untuk pura – pura ngerti aja yang diberi. Iya, pura - pura.

Pulang sekolah ada PR, tapi apalah daya yang udah gak sanggup kayak batrey sisa 1%. Gue pun tidur. Malam langsung gue kerjain. Eh, ternyata cara kerjanya gak gue tulis dan ini adalah Matematika. Nah, ini nih yang bikin malas buat belajar, selain malas mencari, udah susah juga untuk dikejar karena materi pelajaran itu gak akan habis di sekolah. Boleh sih, untuk nanya ke guru, tapi jujur gue orangnya takut kalau nanya langsung, mendingan ke teman yang pintar – pintar aja.

Tapi lu bayangin deh, kalau materi yang lu kurang ngerti banyak ?


  • Tidak tertarik dengan suatu pelajaran tertentu




Oke, kali ini itu tergantung pendapat sendiri untuk pelajaran yang tidak di sukainya.

Sebagai siswa, pelajaran killer itu pasti pernah gue rasakan. Ya, pelajaran jadi killer karena materinya terasa susah buat gue.

Sama kayak lu lagi mau beli es krim vanilla, tapi dikasihnya coklat, padahal lu alergi sama coklat.

Yang begini, biasa banyak terjadi pada siswa kelas akhir. Tapi, disini kita bisa merasakan merdeka, jika gurunya gak masuk karena urusan lain rapat dan sebagainya.
Kurang apalagi ? Udah kayak di pegunungan liat hijaunya hutan. Bebas.


  • Pacaran

Remaja jaman sekarang pasti tau dong, gimana rasanya pacaran tapi beda kelas, yang artinya harus nunggu jam istirahat tiba baru bisa ketemuan.

Tapi, disini ada baik buruknya, dan walaupun buruknya banyak, tetap ada yang tetap melakukan dan gue sendiri juga sering. Jadi uang sekolah gue, gue tabung buat bisa makan bareng dia. Oke kembali ke laptop, eh topik.

Baiknya adalah motivasi belajar tinggi, bila pacarannya untuk tujuan peningkatan pelajaran. Artinya gini, mereka pacaran tapi berlomba buat nilai paling tinggi nanti yang kalah bakal beliin baju. Jadi, kalau ketemuan duduk bersama sambil bahas pelajaran dan pegangan tangan dikit – dikit.

Buruknya adalah motivasi belajar bisa tiba – tiba turun drastis, dan susah fokus ke pelajaran.

Misalnya, semalam lu berkelahi soal matahari ada mata atau enggak, nah lo bilangnya IYA dan gue bilangnya TIDAK. Kita pun bertengkar, gak ada yang mau kalah. Singkat cerita, pagi di kelas udah ada pelajaran dan lu masih sibuk mikirin hasil debat semalam, mikirin kalau dia mau maafin gak ya.

Hasilnya, pelajaran tidak masuk ke otak lo, dan motivasi belajar turun.

Sebagai pelajar, gue pasti pernah ngalamin ini semua, manis pahitnya pelajaran pasti udah pernah gue rasain selama ini, walaupun sekolah gue masih jauh.
Memang susah untuk jaga konsisten dalam belajar, tapi mau gimana lagi ? Hidup gak semanis yang kita bayangkan.

Ps : Gue belum pernah debat soal matahari ada mata. Belum.


0 Response to "Alasan Malas Buat Belajar"

Post a Comment