Masuk Halaman Pertama Google Untuk Niche Apapun! [Research Keyword]
Pendahuluan
“Apa itu SEO ?”
Untuk Anda yang pertama kali mendengar kata SEO mungkin akan sedikit asing dengan kata- kata tersebut. SEO ( Search Engine Optimization ) adalah sebuah teknik atau cara Anda untuk mengoptimasi situs Anda agar menempati posisi atau halaman pertama search engine.
“Untuk apa kita belajar SEO ? “
Seperti yang saya katakan SEO bermaksud untuk membuat situs kita menempati minimal halaman pertama search engine yang tujuannya agar situs kita mendapatkan banyak trafik/pengunjung yang dihasilkan oleh search engine kedalam situs kita tersebut. Jadi disini sudah jelas bahwa tujuan utama dari belajar SEO adalah bukan hanya membuat situs kita menempati halaman pertama search engine melainkan mendapatkan banyak trafik dari search engine.
“Bukannya kalau sudah menempati halaman pertama sudah pasti banyak trafik ?”
Memang benar dengan SEO dapat membuat situs kita masuk kehalaman pertama search engine, tapi yang perlu Anda garis bawahi disini adalah tidak semua situs yang menempati posisi pertama google mendapatkan banyak trafik. Jadi sudah jelas, menempati halaman pertama search engine tidak menjamin situs kita akan banyak pengunjung yang dihasilkan oleh search engine.
Masuk Halaman Pertama Google Untuk Niche Apapun! [Research Keyword]
Tahap 1 : Research Keyword
Ini adalah langkah pertama sekaligus langkah terpenting dalam memulai atau membangun situs Anda. Cara ini tujuannya adalah menemukan atau meriset sebuah kata kunci yang berpotensi mendatangkan banyak trafik kedalam situs kita tetapi masih sedikit kompetisi disana, sehingga teknik SEO kita nanti tidak akan terlalu sulit. Untuk me-riset sebuah kata kunci saya menggunakan google keyword tools external.
2.Jika Anda mempunya Akun google, silakan sign-in terlebih dahulu. kemudian selanjutnya saya akan menentukan niche yang akan saya targetkan. Disini saya akan memilih niche “membuat blog”.
3.Kemudian saya klik bagian “advance option & Filter”. Lalu saya pilih untuk Locations >
Indonesia dan Language > Indonesia ( karena yang saya bidik market local )
4.Pada bagian “filter” saya setting Global Monthly Searches > 500 (karena saya mau trafik yang lumayan banyak dari search engine). Kemudian saya klik “search”
5.Selanjutnya Google akan memberikan saya ide-ide (Keyword Ideas) untuk saya pilih sebagai keyword blog saya nantinya.
6.Langkah selanjutnya, saya akan pilih 10 – 15 kata kunci yang diberikan google tersebut, dengan cara saya check/centang untuk kata kunci yang saya akan pilih.
7.Setelah saya memilih 10 buah kata kunci yang diberikan google, saya download terlebih dahulu kata kunci yang saya pilih/centang tadi. Kemudian saya simpan dalam CSV file.
Setelah file didownload lalu file tersebut saya buka dan saya copy kata kunci yang saya download tadi.
8.Selanjutnya setelah saya copy, kata kunci tersebut saya paste kembali kedalam kotak
“word or phrase” untuk saya riset lagi kata kunci tersebut.
9. Saya pilih Match Types pencarian menjadi tipe [Exact].
10.Selanjutnya akan ada perubahan pada kotak “search term”. Pada bagian ini saya akan filter lagi
“Lalu, apakah keyword tersebut langsung anda pakai sebagai site default keyword blog Anda ?”
Tentu saja tidak, saya akan melakukan beberapa analisa kompetitor untuk benar-benar memastikan bahwa perkerjaan SEO saya nanti akan mudah, dan cepat mendominasi halaman pertama untuk keyword yang saya targetkan.
“Filter seperti apa lagi yang akan Anda lakukan ?”
Setelah saya mendapatkan keyword yang sesuai dengan kriteria saya diatas, maka saya akan melakukan Analisa kompetitor halaman pertama dan halaman kedua google tersebut. Disini saya ingin melihat siapa saja kompetitor saya. Dari hasil tersebut bisa dilihat kalau di halaman pertama tersebut yang mendominasi kebanyakan sebuah
“blog” dan ini kabar baik untuk saya, karena jika terlalu banyak “authority site” dihalaman pertama, maka saya akan kesulitan untuk menggeser posisi mereka apalagi blog saya tersebut masih sangat baru.
Untuk lebih spesifiknya lagi, maka saya akan menganalisa “Backlink” dan “PageRank” untuk 10 situs yang terdapat dihalaman pertama tersebut. Saya menggunakan tools gratis dari serpattacks.com, Anda juga bisa download gratis disana kemudian install didekstop Anda.
Pada kotak paling atas, saya masukan keyword saya “panduan membuat blog” pada bagian Search engine saya pilih “google” untuk Result saya pilih “10” dan Country saya pilih “Indonesia”. Lalu saya klik search.
Tools ini akan menunjukan jumlah backlink dan pagerank untuk 10 situs yang menempati halaman pertama google tersebut. disini saya melakukan filter untuk PageRank usahakan rata-rata < 2 dan untuk backlink usahakan terdapat 3 blog yang memiliki backlink < dari 50 untuk backlink oN-url (bukan domain).
Bisa dilihat pada data diatas bahwa,
Saya jelaskan terlebih dahulu, untuk “research keyword” bukanlah ilmu pasti.
Riset kata kunci lebih bersifat flexible, artinya setiap orang memiliki cara-cara tersendiri untuk menemukan sebuah kata kunci yang profitable dan proven untuk mereka, jadi jika Anda merasa nilai tersebut terlalu tinggi, maka anda bisa menurunkan batasan-batasan tersebut, sampai Anda menemukan sebuah peraturan yang proven (bekerja) untuk Anda. Artinya disini bahwa, Anda menginginkan kompetisi yang lebih rendah lagi dan juga bisa berarti akan sedikit trafik yang akan Anda dapatkan.
Karena logikanya, Trafik yang tinggi (Huge Traffic) selalu berbanding lurus dengan Kompetisi. blogger atau webmaster akan selalu menggunakan “keyword” yang menurut mereka memiliki potensi trafik yang tinggi, maka jika Anda ingin trafik yang tinggi pula maka MUTLAK anda harus bersaing!
Satu hal lagi, coba perhatikan gambar dibawah :
Satu hal lagi, coba perhatikan gambar dibawah :
Dari hasil pencarian diatas menunjukan nilai 3.350.000 juga memasukan kata-kata “cara membuat blog” atau “membuat blog” untuk hasil pencarian dengan kata kunci “Panduan membuat blog”. Hasil ini memang wajar untuk saya, karena type pencarian kita bersifat Broad yang artinya kata kunci dengan frasa yang berbeda ataupun variasi frasa lain juga akan ikut masuk didalam hasil pencarian untuk kata kunci tersebut.
karena “panduan membuat blog” adalah long tail keyword dari “membuat blog”, bedanya hanya menambah prefix untuk keyword tersebut, maka google tetap membacanya sama yaitu “membuat blog”. Untuk itu google juga menampilkan variasi lain dari keyword “membuat blog” (cara membuat blog,tips membuat blog, dll). sekali lagi, hal ini terjadi karena system pencarian yang kita gunakan adalah ber-tipe “Broad”.
Percayalah jika dari hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda targetkan terdapat banyak situs dengan bentuk frasa lain dari keyword yang Anda targetkan maka biasanya tidak akan butuh banyak waktu untuk mengambil alih posisi 1 tersebut. :D
Sebagai contoh : untuk keyword “panduan membuat blog” maka google akan menampilkan hasil pencarian sesuai frasa atau variasi frasa dari keyword tersebut (panduan+membuat+blog)
Untuk itu hasil pencarian “panduan membuat blog” google mungkin akan menampilkan kata- kata seperti :
-Membuat blog
-Cara membuat blog
-Panduan membuat blog
-Dan jenis frasa lainnya. (tetapi tidak akan menampilkan hasil untuk “Panduan membuat” saja. seperti panduan membuat rumah, kue, dll karena kata-kata tersebut tidak relevan dengan “membuat blog”)
Karena untuk niche “make money” merupakan niche-nya para internet marketer jadi telah terbentuk banyak sekali frasa dan variasinya dari 1 buah kata kunci, bahkan untuk Long Tail Keyword sekalipun sehingga nilai dari hasil pencarian tetap akan tinggi. Itulah sebabnya jika anda membidik niche “make money” dengan keyword apapun, masih akan tinggi hasil pencariannya.
Walaupun demikian, nilai tersebut bersifat “broad” yang artinya jika kita bisa menemukan sebuah kata kunci (Long Tail Keyword) dalam [Exact] dengan Real kompetisi yang rendah,, maka bisa dengan mudah kita menduduki posisi pertama google walaupun dengan hasil pencarian yang sangat besar. Google Keyword Sabotage (GSK) .
REVOLUSI RESEARCH KEYWORD
Seperti yang saya katakana sebelumnya bahwa, research keyword merupakan teknik yang banyak variasinya. Setiap internet marketer mungkin akan memiliki teknik research keyword nya sendiri yang terbukti proven untuk mereka. Kali ini saya akan memberikan sebuah teknik research keyword yang berbeda dengan cara biasanya. Cara ini merupakan revolusi dari research keyword konvensional. Artinya disini, “dengan teknik ini Anda akan menemukan sebuah kata kunci yang potensial yang tidak akan Anda temukan jika Anda menggunakan Research Keyword Konvensional”
Teknik ini diperkenalkan pada September 2011, artinya sebuah teknik yang masih sangat baru untuk Anda, dan saya yakin tidak banyak orang yang mengetahui cara ini. Saya mendapat teknik ini langsung dari IM Guru saya, yang sebelumnya memperkenalkan sebuah teknik dengan nama “Scientific Niche Research” dan “several Ninja techniques” yang tidak dipublish ke umum. Kali ini sang developed mengembangkan sebuah teknik baru dan baru saja di publish. Dan saya akan jelaskan lebih lanjut teknik tersebut untuk Anda yang terdapat didalam Paket Panduan saya “Rahasia Master S.E.O” yang akan saya launching beberapa hari lagi.
Teknik ini sangat unik, karena kita bisa mengetahui nilai-nilai dari sebuah kata kunci yang tidak terlihat. Teknik ini memanfaatkan nilai-nilai dalam Search Volume Broad, Phrase, dan Exact. Dan akhir nya kita akan menemukan sebuah kata kunci yang hilang dari masing-masing type tersebut. seperti yang saya jelaskan diatas bahwa type broad, Phrase dan Exact memiliki hasil pencarian yang berbeda satu sama lain. Mengapa bisa berbeda ? kata kunci apa saja yang membuat berbeda, dan kata kunci apa yang bisa meningkatkan Search Volume. Akan Anda temukan disini.
Karena pada dasarnya keyword lah yang menentukan susah atau tidaknya teknik SEO anda nanti. Maka, untuk research keyword harus benar-benar Anda perhatikan.
SUMBER : E-BOOK DARI RAHASIA MASTER SEO
0 Response to "Ranking 1 Halaman Pertama Google Research Keyword"
Post a Comment